SANGGAU MENJADI PENGUJI TAMU DI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Menindaklanjuti Surat Dari Ketua Departemen Teknik Arsitektur Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Nomor 36476.4/UNI/FTK.2/DTAP/PK/2021 Tanggal 29 November 2021 Hal Revisi Surat Permohonan Penguji Tamu. Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Studio Analisis Wilayah Semester Ganjil 2021/2022 Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah Dan Kota Departemen Teknik Arsitektur Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dalam hal ini bertindak sebagai penguji tamu delegasi dari Pemerintah Kabupaten Sanggau adalah Ir. Didit Richardi, MT selaku Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau dan Yulius Elto, S.Sos.,M.A.P. selaku Kepala Bidang  Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Sanggau.

Jadwal ujian display akhir semester studio analisis wilayah semester ganjil Tahun Anggaran 2021/2022 dilaksanakan via aplikasi zoom pada Hari Selasa, 14 Desember 2021 Pukul 09.00 WIB hingga selesai. Konsepnya di bagi menjadi 2 (kelompok) yaitu studio 1 dan studio 2 dengan jumlah peserta setiap studio 7 orang. Masing–masing penguji tamu diberi durasi waktu berdiskusi 30 menit untuk setiap studio dengan dipandu dosen pembimbing Atrida Hadianti, ST.,M.Sc.,Ph.D. Ketika proses diskusi dilaksanakan, setiap studio sangat komunikatif dan informatif karena setiap individu mendapat kesempatan berbicara sehingga informasi dalam rupa pesan yang ingin disampaikan komunikator dapat sampai kepada komunikan. Materi diskusi yang dibahas meliputi Fisik Wilayah, Sosial Kependudukan, Ekonomi Wilayah, Sarana Prasarana, Struktur Ruang, Pola Ruang, Review Dokumen, Potensi Masalah, Isu Strategis, Arah Pengembangan.

Rekomendasi hasil disksusi, diantaranya pertama menggunakan metode Weighted Sum antara peta developability dan peta pola ruang Rencana Tata Ruang Wilayah, dapat memotret dan mengidentifikasi area yang tidak sesuai hingga paling sesuai untuk pengembangan. Dalam hal ini sebagian besar area di Kabupaten Sanggau merupakan area yang sesuai untuk dilakukan pengembangan. Kedua, scenario livable city dipilih sebagai skenario the highest and best use dengan memprioritaskan pemanfaatan lahan permukiman, pertanian pangan dan kawasan rawan bencana.

Aspek penilaian ujian yang menjadi fokus penguji tamu ada 2 (dua) yaitu aspek pertama meliputi 3 (tiga) aspek penting yaitu kesatu relevansi antara dokumen perencanaan dan dokumen pembangunan, meliputi RTRW dengan RPJP dan RPJP dengan RPJMD. Kedua, karakteristik/profil wilayah, mencakup analisis dan isu strategis di bidang : Fisik Wilayah, Sosial Budaya dan Kependudukan Wilayah, Perekonomian Wilayah, Sarana dan Prasarana Wilayah. Ketiga, karakteristik/profil keruangan wilayah, mencakup analisis dan evaluasi yang didalamnya ada struktur ruang wilayah, pola ruang wilayah potensi atau masalah wilayah. Aspek kedua adalah aspek isu strategis pengembangan wilayah, meliputi latar belakang isu, review (literatur/kebijakan, metode, hasil/temuan, kesimpulan dan rekomendasi.

Tujuan yang ingin dicapai dari proses diskusi adalah untuk memotret beberapa hal, yaitu pertama kemampuan mengevaluasi dokumen perencanaan wilayah terhadap standar dan ciri–ciri perencanaan yang telah dimodifikasi. Kedua, mampu mengidentifikasi isu, permasalahan dan potensi pembangunan daerah. Ketiga, mampu mengartikan isu, permasalahan, dan potensi pembangunan daerah dalam mengembangkan profil daerah. Keempat, mampu melaksanakan kerjasama tim yang efektif dan kelima mampu secara efektif mewadahi ide-ide pemangku kepentingan ke dalam proses perencanaan. Rangkaian kegiatan diskusi Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Studio Analisis Wilayah Semester Ganjil 2021/2022 Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah Dan Kota Departemen Teknik Arsitektur Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada terlaksana dengan sukses, menghasilkan referensi sebagai alternatif solusi ketika formulasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah yang prospektif, realistis, akuntabel dan transparan dengan semangat “Berdompu Bekerja Dengan Hati“ demi Sanggau Bermartabat, Maju dan Terdepan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply