PRESENTASI BUPATI SANGGAU DALAM RANGKA PENILAIAN PENERIMA PENGHARGAAN INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2021

Sehubungan dengan pelaksanaan pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) serta pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 Kabupaten Sanggau mendapat kehormatan sebagai salah satu Nominator pada klaster Kabupaten Daerah Perbatasan dan diundang untuk melaksanakan Presentasi dihadapan Tim Penilai yang telah ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan Surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor: 002.6/6474/SJ dan Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor: 002.6/9434/Litbang.Ses tanggal 18 November 2021  perihal presentasi Kepala Daerah dalam rangka penilaian penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021, kegiatan presentasi Kepala Daerah dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 25 November 2021 baik secara daring maupun luring.

Bupati Sanggau dalam kegiatan Presentasi mendapat jadwal pada tanggal 25 November 2021 pukul 10.30 s/d 11.00 dan dilakukan secara daring bertempat di Ruang VVIP Kantor Bupati Sanggau. Dalam Presentasinya Bupati Sanggau didamping oleh seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau.

Dalam presentasinya, Bupati Sanggau memaparkan 17 Inovasi Daerah Kabupaten Sanggau yang telah dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri dan hasil inputan laporan Inovasi Daerah sebanyak 17 inovasi tersebut untuk sementara Kabupaten Sanggau untuk klaster/kategori Daerah Perbatasan mendapat predikat Kabupaten Terinovatif  dan memperoleh nilai 72,11. Posisi ini lebih baik dibandingkan 2 tahun sebelumnya dimana pada tahun 2019 Kabupaten Sanggau berada pada posisi 155 dengan predikat Kurang Inovatif. Tahun 2020 terjadi peningkatan dimana Kabupaten Sanggau berada pada posisi 113 dengan predikat Sangat Inovatif namun tidak mendapat undangan presentasi Kepala Daerah.

Dari 17 Inovasi yang dilaporkan tahun 2021 dan dipresentasikan Bupati Sanggau tersebut, inovasi unggulan yang ditonjolkan Bupati dalam presentasinya adalah MPP (Mal Pelayanan Publik) Kabupaten Sanggau. Kehadiran MPP selain memangkas birokrasi juga menekan biaya yg dikeluarkan masyarakat ketika berurusan. Masyarakat tidak perlu lagi pergi ke berbagai kantor. MPP bisa kian memudahkan warga mengurus berbagai dokumen yang diperlukan, mulai dari administrasi kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran dan akte kematian, izin usaha, retribusi daerah, hingga berbagai dokumen lain seperti SIM, SKCK, serta paspor. Dengan MPP, pelayanan menjadi ringkas, transparan, dan bersih. Tidak ada pungutan tidak resmi. Jika ada layanan yang mewajibkan perlu retribusi daerah, langsung dibayar di loket bank KALBAR yg disediakan di MPP.

Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau, dukungan teknologi informasi sangat dibutuhkan. Dengan teknologi informasi, pelayanan publik dapat dipantau sehingga para pengambil kebijakan terhadap pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau, termasuk Kepala Daerah dapat segera mengetahui perkembangan dan posisi penyelenggaraan pelayanan publik yang tergabung dalam Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau, dikembangkan 1 inovasi yaitu SIPADU (Sistem Informasi dan Pelaporan Pelayanan Publik Terpadu) meliputi pembangunan sistem informasi, penyusunan basis data dan penerapan sistem informasi yang terencana dalam bentuk elektronik komputer serta terintegrasi sehingga proses komunikasi antar penyelenggara pelayanan publik yang tergabung di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau bisa saling terhubung. SIPADU merupakan aplikasi berbasis web dan android yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Informasi Pelayanan publik baik yang dikelola oleh DPMPTSP Kabupaten Sanggau maupun Instansi lainnya di MPP Kabupaten Sanggau yang terpadu, transparan dan mudah diakses.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply