Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan public event yang penting untuk membawa para stakeholder memahami isu permasalahan untuk mencapai kesepakatan terhadap program kegiatan prioritas pembangunan, konsesus pemecahan masalah dan juga sebagai wahana mensinkronisasikan kebutuhan program pembangunan dengan kemampuan dan kendala pendanaan serta mensinergikan berbagai sumber pendanaan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, proses formulasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitu pendekatan politis, teknokratik, top down dan bottom up serta partisipatif. Musrenbang merupakan perencanaan pembangunan model partisipatif, salah satu evidencenya Musyawarah Rencana Pembangunan.

Musyawarah Rencana Pembangunan merupakan milestone ketika menyusun dan menyajikan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang prospektif, realistis, akuntabel dan transparan. Hal ini dilakukan untuk memastikan target kinerja skala prioritas yang telah dijabarkan dan menjadi indikator kinerja dapat dicapai dengan filosofi specific, measurable, achievable, relevant dan time-based.

Pada hari Senin tanggal 21 Maret 2022 bertempat di Hotel Harvey Sanggau, Bupati Sanggau Poulus Hadi, S.IP., M.Si membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Paolus Hadi juga menyampaikan capaian pembangunan di Kabupaten Sanggau tahun 2021 secara makro. Pertama, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sanggau tetap tumbuh. Tahun 2020, walaupun terjadi Covid-19 ekonomi Sanggau tumbuh sekitar 0,70 persen.

Kedua, perkembangan PDRB terus naik. Tahun 2020 sebesar Rp 19,92 triliun. Naik di tahun 2021 menjadi Rp 21,67 triliun atau naik sekitar 8,82 persen. Ketiga, persentase penduduk miskin di Kabupaten Sanggau tahun 2019 ke 2020 telah mengalami penurunan, yaitu dari 4,57 persen menjadi 4,46 persen, turun sebesar 0,11 poin.

Maksud penyelenggaraan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023, sebagai wadah pertemuan para pihak meliputi masyarakat dan stkakeholder bersama unsur pemerintah untuk menyepakati fokus usulan program kegiatan prioritas pembangunan Tahun 2023.

Tujuannya antara lain penyamaan persepsi kebutuhan pembangunan yang berdampak terhadap pelayanan dasar dan standar pelayanan minimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau Tahun 2023 diikuti 72 (tujuh puluh dua) peserta hadir fisik/luring dan 160 (seratus enam puluh) hadir video conference/daring. Peserta yang hadir antara lain Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Dapil Sanggau–Sekadau, Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Bupati Sanggau, Forkompimda Kabupaten Sanggau, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau, Forum Anak, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan lainnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply