FGD Kerjasama Penyusunan Draft Laporan Awal Rencana Induk Pengembangan Pertanian Rakyat di Kecamatan Meliau dengan PT. Sinergi Visi Utama

 

Dalam rangka penyusunan rencana induk pengembangan pertanian rakyat di Kecamatan Meliau, Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Bappeda Kabupaten Sanggau mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Rapat Lantai I Bappeda Kabupaten Sanggau pada hari Senin, tanggal 22 Mei 2017.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau, Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Litbang Bappeda Kab. Sanggau, Tim Konsultan PT. Sinergi Visi Utama, dan Tim Bappeda Kabupaten Sanggau. FGD ini bertujuan untuk penyeragaman data.

Penyampaian dari Kepala Bagian Perencanaan Ekonomi dan Litbang Bappeda Kabupaten Sanggau, Hendry, S.E adalah agar data yang digunakan adalah data terupdate sehingga hasil yang dicapai lebih relevan dan menggambarkan keadaan real dilapangan dan diharapkan hasil kajian dapat bermanfaat dalam pengambilan kebijakan perencanaan pembangunan selanjutnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M menyampaikan bahwa Beliau mendukung kontrak kerja yang berkenaan dengan kegiatan rencana induk pengembangan pertanian rakyat di Kecamatan Meliau dan agar output kegiatan rencana induk pengembangan pertanian rakyat di Kecamatan Meliau tetap mengacu pada kontrak kerja serta sesuai dengan RTRW Kabupaten Sanggau. Beliau juga mengharapkan pelaksanaan kegiatan dapat disinergikan dengan data cetak sawah yang telah dilaksanakan tahun 2016 dan yang akan dilaksanakan tahun 2017 sehingga perlu adanya koordinasi bersama dengan BP3K Kecamatan Meliau.

Dari beberapa pembahasan yang dilakukan, Tim Konsultan PT. Sinergi Visi Utama dan Tim Bappeda Kabupaten Sanggau perlu melakukan analisis pada kelompok tani, koperasi, industri kecil menengah, komoditas pertanian hingga ke pihak petani termasuk menganalisis peran cetak sawah dalam peningkatan produksi padi. Selain itu diharapkan agar menggunakan data yang komprehensif dan terupdate sehingga hasil kegiatan berupa Dokumen Laporan Akhir dapat  disajikan dengan baik, aplikatif dan dapat digunakan dalam mewujudkan perencanaan yang prospektif, realistis, dan akuntabel menuju Sanggau Maju dan Terdepan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply