Bappeda Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi SITUPEN

Kamis, tanggal 23 September 2021 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Kab. Sanggau telah diselenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi SITUPEN (Sistem Informasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bappeda Kab. Sanggau, Ir. Yulia Theresia, Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Henny Lorryda Yuliana AS, S.AP, M.Si dan para admin SITUPEN dari masing – masing Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau. Turut hadir pula pada kegiatan ini admin dari Badan Pusat Statistik, KPU, CU Lantang Tipo, Bank Kalbar, Polres Sanggau dan BNN Kabupaten Sanggau.

Mengutip paparan dari kepala Bappeda Kabupaten Sanggau menjelaskan tujuan dari aplikasi ini adalah untuk pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Barat secara keseluruhan dan masih dapat disempurnakan lagi dan diintegrasikan dengan sistem lainnya yang berkaitan langsung dengan SDGs.

Adapun tujuan yang diharapkan dalam penyediaan Sistem Informasi TPB Provinsi Kalimantan Barat adalah :

  1. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penyediaan Sistem Informasi TPB Provinsi Kalimantan Barat adalah :
  2. Tersedianya sistem informasi TPB Provinsi Kalimantan Barat yang menampilkan Rencana Aksi serta Laporan Monitoring dan Evaluasi Pencapaian TPB Provinsi Kalimantan Barat.
  3. Tersedianya media informasi TPB bagi pemangku kepentingan yang terdiri dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media, Pakar dan Akademisi, Filantropi dan Pelaku Usaha serta Masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Barat.
  4. Meningkatkan fungsi kontrol bagi BAPPEDA terhadap stakeholders sejauh mana usulan mereka diakomodir dengan prinsip bottom up oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Barat;
  5. Termutakhirkannya fitur dan menu dalam sistem informasi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem informasi secara keseluruhan.
  6. Memenuhi kebutuhan akan Sistem Informasi yang handal dan terintergrasi serta menyeluruh dengan pendekatan pada kebutuhan langsung diantaranya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, agar tercapai semua tujuan dengan efektif dan efisien.
  7. Kemudian menata kembali atau re-strukturisasi database tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), dengan menyempurnakan manajemen database yang lebih lengkap dan akurat, sehingga diharapkan mampu menampilkan semua data informasi yang berkaitan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), khususnya di lingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply