Analisa Kelayakan Bisnis Utama Perusahaan Daerah Pusaka Daranante

Pendirian Budan Usaha Milik Daerah Kabupaten Sanggau dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan daerah dan kelayakan bidang usaha daerah yang akan dibentuk. Guna mematangkan langkah operasional Perusahaan Daerah dalam menjalanjkan Core Business, diperlukan penyusunan rencana investasi core business Perusahaan Daerah Pusaka Daranante. Akan tetapi sebelum melakukan investasi penyertaan modal kepada pihak perusahaan daerah atau pihak lain, terlebih dahulu dilakukan analisis kelayakan investasi penyertaan modal pemerintah. Oleh karena itu dalam hal ini Bappeda dan PT. Avista Planotama Konsultan melakukan seminar laporan akhir kajian investasi core business bersama delegasi perangkat daerah. Seminar dilaksanakan pada hari Rabu, 15 November 2017 bertempat ruang rapat lantai II Bappeda Kabupaten Sanggau.

Maksud dan tujuan kegiatan diantaranya untuk mendapatkan gambaran dan perspektif dari segi kelayakan investasi penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada perusahaan daerah dan menyediakan hasil analisa kelayakan bisnis utama yang diprioritaskan untuk dikelola oleh Perusahaan Daerah Pusaka Daranante. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa ada 3 (tiga) bisnis utama yang dianggap layak dan masuk dalam kategori prioritas untuk diwujudkan yaitu pupuk organik, limbah tempurung kelapa dan air minum dalam kemasan.

Kepala Bappeda dalam arahannya mengatakan “bisnis utama merupakan salah satu alternatif bagi daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, untuk itu hasil analisis yang dilakukan menjadi salah satu referensi yang valid dalam mewujudkan perusahaan daerah yang memiliki daya saing dan berkualitas”. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa core business merupakan sebuah alternatif bagi daerah dalam bersaing dan memajukan daerahnya menuju kesejahteraan rakyat.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply