Rapat Koordinasi Pengelolaan SIPD Kabupaten Sanggau Tahun 2017

Memperhatikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 pada pasal 391 dimana Daerah wajib menyediakan informasi Pemerintah Daerah yang terdiri atas informasi pembangunan daerah melalui sistem informasi pembangunan daerah. Kemudian lebih lanjut diatur dalam Permendagri Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah. Kamis, (07/12/2017) diselenggarakan Rapat Koordinasi Pengelolaan SIPD Kabupaten Sanggau Tahun 2017 bersama Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Rapat yang dimulai pada pukul 09.00 dibuka oleh Sekretaris Bappeda Kab. Sanggau Shopiar Juliansyah, SE, MM dalam pembukaan Beliau menyampaikan bahwa kegiatan SIPD ini merupakan hal yang sangat penting karena terkait dengan ketersediaan data, yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Hadir dalam rapat ini yakni Para Admin SIPD Perangkat Daerah yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau dan Peserta dari Instansi Vertikal dengan menghadirkan narasumber dari Bappeda Provinsi Kalimantan Barat Ibu Fairous Chazana SN, SE, MM Kasi Data Pembangunan Unit Data dan Statistik Pembangunan Bappeda Prov. Kalbar.

Lebih lanjut, rapat dipimpin oleh Kabid Pegendalian, evaluasi dan Pelaporan Bappeda Sanggau Luis Berek, S.Hut, M.Si selaku pelaksana kegiatan. Dilanjutkan pelatihan pengisian aplikasi SIPD dari Bidang Data Bappeda Prov. Kalbar Bapak Fajar Supriadi, Beliau memberikan pelatihan cara pengisian aplikasi SIPD kepada para Admin Perangkat Daerah dengan memberikan username dan password yang telah dibuat sebelumnya oleh pengelola SIPD Bappeda Kab. Sanggau untuk dapat mengakses aplikasi online SIPD dan melakukan input data kedalam database SIPD.

Dengan adanya koordinasi pengelolaan SIPD ini, dapat dijadikan sebagai tools untuk sinkronisasi pencapaian target dan pengisian data nasional dan daerah dan diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat benar-benar menguasai dan melaksanakan pengisian data SIPD dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab guna mendukung ketersediaan data yang akurat dalam pelaksanaan evaluasi penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply