MUSRENBANG RPJMD KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2019–2024

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP.,M.Si membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2019–2024 di The Garden Palace Sanggau, Senin 17 Juni 2019.
Musrenbang RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun 2019–2024 merupakan bagian dari tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Sanggau yang bertujuan untuk melakukan penajaman dan penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan yang menjadi target untuk dicapai dalam periode 5 (lima) tahun.
Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP.,M.Si mengatakan “Dengan Kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa bertekad mengamankan dan mengawal kebijakan–kebijakan yang sudah dilakukan dalam membangun Kabupaten Sanggau sebagai Rumah Kita dengan mengedepankan Bekerja dengan Hati serta semangat “Dompu” dan Gotong Royong”.

Sanggau yang maju dan terdepan diwujudkan dengan menjadikan Kabupaten Sanggau untuk Indonesia yang sejati–jatinya merdeka. Merdeka dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan sebagai upaya agar berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Perumusan visi misi disusun dengan memperhatikan isu strategis, kajian lingkungan hidup strategis dan tujuan pembangunan jangka panjang daerah serta rencana pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Kalimantan Barat.
Untuk mencapai Visi Sanggau Maju dan Terdepan didukung dengan 8 (delapan) misi yaitu pertama membangun dan meningkatkan infrastruktur, sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Kedua mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, bermartabat dan berdaya saing. Ketiga meningkatkan taraf hidup masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan, keempat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, kelima meningkatkan tata kehidupan sosial masyarakat yang harmonis, religius, berbudaya, demokratis dan menjunjung tinggi nilai–nilai kearifan lokal. Keenam meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat, ketujuh meningkatkan pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan dan kedelapan meningkatkan percepatan pembangunan wilayah perbatasan yang bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP.,M.Si menambahkan “melalui kegiatan Musrenbang RPJMD diharapkan ada masukan, saran dan informasi serta gagasan yang konstruktif dari peserta agar dokumen RPJMD dapat disusun dan disajikan menjadi lebih komperhensif untuk membangun sanggau”


Turut hadir dalam acara Musrenbang RPJMD Gubernur Kalimantan Barat diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs. Alexander Rombonang, M.MA Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, unsur pemerintah pusat Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia Bapak Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA ,Ph.D, Plt. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat Bapak H. Mohammad Yusuf, ST, Forkompimda, pejabat perangkat daerah Kabupaten Sanggau, para camat, delegasi peserta kecamatan, akademisi, LSM/Ormas, tokoh masyarakat, unsur pengusaha/investor, keterwakilan perempuan dan kelompok masyarakat.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply