Koordinasi Persiapan Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun 2019–2024 Ke Ditjen Bina Bangda Jakarta

Dalam rangka memperoleh informasi yang komperhensif mengenai implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Untuk itu Bappeda Kabupaten Sanggau melakukan koordinasi dan konsultasi ke Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah dan bertemu langsung dengan Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Evaluasi Wilayah III Ir. Agustenno Siburian, M.Si. Salah satu pointer dalam pertemuan tersebut adalah bahwa tata cara penyusunan RPJMD meliputi tahapan persiapan penyusunan RPJMD, penyusunan rancangan awal RPJMD, penyusunan rancangan RPJMD, pelaksanaan Musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir RPJMD dan penetapan RPJMD.

Kepala Bappeda mengatakan “koordinasi ini penting sebagai langkah awal Bappeda menyiapkan dokumen perencanaan yaitu RPJMD”. Sebagaimana diketahui bahwa tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Sanggau sudah menyusun rancangan teknokratik sebagai bagian dari rangkaian tahapan tata cara penyusunan RPJMD menjadi sebuah dokumen perencanaan. Lebih lanjut Bp. Ir. Kukuh Triyatmaka, MM sebagai kepala Bappeda mengatakan “koordinasi ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang komperhensif dari sumber yang valid terkait dengan regulasi baru yaitu Permendagri 86 Tahun 2017”. Salah satu bentuk aktualisasi Bappeda terhadap regulasi baru diperlukan langkah konkrit dengan menambah wawasan dan membuka cakrawala pemikiran agar perencanaan yang prospektif, realistis dan akuntabel serta transparan dapat terwujud menuju sanggau maju dan terdepan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply