KONSULTASI PELAKSANAAN AKTUALISASI PESERTA LATSAR GOLONGAN III ANGKATAN LIX TAHUN 2019 KEPADA KEPALA BAPPEDA KAB. SANGGAU BERJUDUL OPTIMALISASI PEMUTAKHIRAN DATA INDIKATOR CAPAIAN KINERJA PEMBANGUNAN DAERAH KAB. SANGGAU

PNS memiliki peranan penting yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta pemersatu bangsa. Untuk menjalankan peranan tersebut, menurut undang-undang ASN sosok PNS harus memiliki sikap profesional, mampu   memenuhi   standar    kompetensi dan melakukan tugasnya secara efektif dan efisien, serta mampu melaksanakan fungsinya.

Dalam kenyataannya, masih banyak PNS yang belum memahami bagaimana  menerapkan nilai-nilai dasar profesi PNS dalam  melaksanakan tugas dan jabatannya   yang disebabkan karena perilaku budaya PNS sebelumnya yang belum bias memberi   contoh untuk PNS baru dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagai abdi masyarakat.

Berdasarkan latar belakang tersebut diselenggarakanlah Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Peraturan LAN No. 12 Tahun 2018. Dalam pasal 12 dijelaskan tentang struktur kurikulum pembentukan karakter PNS selama 51 hari kerja berupa sistem on/off kampus yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu: pembelajaran klasikal tentang nilai dasar ASN, aktualisasi nilai-nilai dasar di tempat kerja, dan terakhir evaluasi hasil aktualisasi. Hal ini diharapkan mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dengan cara mengalami sendiri dalam penerapan dan aktualisasi pada tempat tugas, sehingga peserta merasakan manfaatnya secara langsung.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan sebagai perencana ahli pertama, maka akan dibahas tentang tugas penulis terkait menyiapkan, melakukan dan menyelesaikan kegiatan perencanaan yang meliputi identifikasi permasalahan, perumusan alternatif kebijaksanaan perencanaan, pengkajian alternatif, penentuan alternatif dan rencana pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan dan penilaian hasil pelaksanaan sesuai dengan prosedur yang berlaku agar semua pekerjaan dapat diselesaikan secara berdayaguna dan berhasil guna.

Dalam menjalankan tugas terkait perencana ahli pertama di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau ditemukan beberapa kendala terkait pengumpulan data hingga penyajian data yang tidak mutakhir dan terkini. Oleh sebab itu melalui kegiatan aktualisasi ditempat kerja, maka akan diangkat pembahasan mengenai Optimalisasi Pemutakhiran Data Indikator Capaian Kinerja Pembangunan Daerah Kab. Sanggau Dimana bertujuan untuk mengoptimalkan data data yang masih belum akurat dan terkini.

Pada kegiatan yang pertama adalah melakukan konsultasi mengenai pelaksanaan aktualisasi dengan atasan dalam hal ini kepada Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau Bapak Ir. Kukuh Triyatmaka, MM. Dalam konsultasi beliau mendukung dan mempersilakan kegiatan aktualisasi mengenai Pemutakhiran Data Indikator Capaian Kinerja.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply