Website Resmi

Hari Jadi Desa Botuh Lintang

39  kali dibaca
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Desa Botuh Lintang adalah salah satu desa baru yang ada di Kecamatan Kapuas. Untuk menuju desa ini dapat ditempuh melalui desa Inggis, desa Semanggis Raya, atau pun melewati desa Peniti. Desa yang luasnya sekitar 3.000 hektar ini memiliki dua dusun yaitu Kayan dan Kenual dengan jumlah penduduk 807 jiwa.

Hari Selasa (21/2), Perangkat Desa dan masyarakat bersama-sama mengadakan perayaan Hari Jadi Desa Botuh Lintang yang ke 5. Kepala Desa Botuh Lintang, Lanok, menyampaikan selama kurun waktu 5 tahun berdirinya Desa Botuh Lintang, banyak perubahan sarana dan prasarana (sarpras) yang terjadi terutama dalam pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Kantor Desa, pembangunan Jembatan di dusun Kayan dan dusun Kenual, Bedah Rumah bagi warga, pendirian Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes), listrik masuk desa, pembangunan Gedung Pertemuan Umum desa, Pasar Desa, pendirian PAUD Pelita Harapan Botuh Lintang, dan akses jalan setapak dibeberapa titik. “mewakili masyarakat Botuh Lintang, saya banyak berterimakasih kepada Bapak Bupati yang selalu memberikan dukungan atas pembangunan di desa kami,” ungkap Lanok. Dalam kesempatannya itu, Lanok menyampaikan ingin mengajukan pemekaran dusun baru, yaitu dusun Botuh Lintang. Hal tersebut diungkapkannya agar pembangunan desa dapat lebih maju dan berkembang.

Camat Kapuas, Alipius, mengatakan pada tahun 2017, desa Botuh Lintang telah ditetapkan menjadi desa fokus. Sehingga nantinya akan ada skala prioritas pembangunan terutama dalam pembangunan infrastruktur. Hal ini juga dikatakannya sesuai dengan salah satu visi dan misi Pemerintah Daerah dalam Seven Brand Images yang dirumuskan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, yaitu Sanggau Maju Infrastruktur. Untuk itu, Alipius juga mengatakan bahwa Perangkat Desa dan juga masyarakat untuk dapat terlibat secara bersama-sama dalam pembangunan desanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, pembangunan yang telah ada di desa Botuh Lintang harus dijaga dan terus ditingkatkan serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pada tahun 2017, lanjutnya, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Botuh Lintang adalah yang terendah dibanding dengan desa lainnya, yaitu sekitar 1,2 Milyar rupiah. Hal ini disebabkan berkaitan dengan jumlah penduduk dan jumlah dusun yang sedikit. “Walaupun desa Botuh Lintang yang paling rendah, tapi ternyata sudah banyak yang bisa dibangun” kata Bupati Sanggau. Terkait pengelolaan DD-ADD, Bupati menegaskan Perangkat Desa harus selalu berkoordinasi dengan Camat untuk melaksanakan sesuai prosedur dan tidak melanggar aturan. “Yang penting sesuai prosedur, jangan sampai melanggar aturan, itu yang penting,” ucapnya. Menanggapi keinginan Kades untuk pemekaran dusun baru, Bupati menilai hal tersebut bisa saja diteruskan melalui koordinasi antara Perangkat Desa dan Camat Kapuas.

Selain memperingati Hari Jadi Desa Botuh Lintang, juga dilaksanakan beberapa peresmian diantaranya peresmian Gedung Pertemuan Umum (GPU) desa, Pasar Desa, PAUD Pelita Harapan, Jembatan di Dusun Kayan dan Dusun Kenual. Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ketua DWP Kabupaten Sanggau, SKPD terkait, Kapolsek Kapuas, dan perwakilan beberapa perusahaan. (Aabaliya/Humas)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.