BAPPEDA KABUPATEN SANGGAU MELAKUKAN PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN DESA FOKUS DI DESA NEKAN

Berdasarkan SK Bupati Sanggau Nomor 445 tahun 2018 tentang penetapan Desa Fokus dan kelurahan Fokus di wilayah Kabupaten Sanggau tahun 2019, Bappeda Kabupaten Sanggau merupakan salah satu koordinator Desa Fokus di wilayah Kabupaten Sanggau, yaitu koordinator Desa Fokus di Desa Nekan Kecamatan Entikong.
Tujuan dilaksanakan pendampingan dan pembinaan Desa Fokus di Desa Nekan ini adalah mengkoordinasi perangkat daerah untuk melakukan pendampingan, pembinaan, pengawasan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan serta melakukan koordinasi kepada pemerintah desa dan camat.
Tepat pada hari Kamis (25/07/2018) bertempat di Balai Pertemuan Desa Nekan, Bappeda Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan sosialisasi pendampingan dan pembinaan Desa Fokus di Desa Nekan, dengan dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Sanggau selaku koordinator kegiatan, Camat Entikong beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Entikong, Pj. Kades Nekan beserta Perangkat Desa Nekan, BPD Desa Nekan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Dinkes Kabupaten Sanggau, Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau, Bapenda Kabupaten Sanggau, dan Dinas Bunnak Kabupaten Sanggau.


“Perlu komitmen bersama dari Perangkat Daerah untuk membina dan mendampingi masyarakat di Desa Nekan dan kesediaan masyarakat Desa Nekan untuk dibina serta didampingi oleh perangkat daerah’’ kata Camat Entikong Suparman dalam sambutannya pada kegiatan tersebut. “ Terkait jaringan listrik di Dusun Ponti Kayan tahun ini diharapkan sudah bisa menyala, kemudian untuk infrastruktur jalan desa dari Desa Ponti Kayan menuju ke Dusun Ponti Meraga, masyarakat mengharapkan agar bisa terealisasi agar jarak tempuh dari Dusun Ponti Kayan menuju ke Desa Nekan bisa lebih dekat”. Ungkapnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Plt. Kabid Perencanaan Ekonomi, Penelitian dan pengembangan Bappeda Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan “Program Desa Fokus ini dilaksanakan dalam rangka intervensi Pemerintah Daerah untuk mengurangi keterbatasan dan ketertinggalan yang ada. Dan berkaitan dengan Indeks Desa Membangun (IDM), berdasarkan hasil penelitian tahun 2019, status perkembangan Desa Nekan saat ini yaitu Desa berkembang dan diharapkan tahun depan status perkembangan Desa Nekan meningkat menjadi Desa maju yaitu dengan terpenuhinya indikator melalui Desa Fokus ini”.
Melalui kegiatan pendampingan dan pembinaan Desa Fokus di Desa Nekan disampaikan juga pemaparan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat Daerah Kabupaten Sanggau di Desa Nekan tahun 2019 secara simultan atau panel oleh perangkat Daerah yang hadir dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab terkait kegiatan pembangunan dan pelayanan publik di Desa Nekan kepada narasumber dari perangkat Daerah Kabupaten Sanggau.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply