BAPPEDA KAB. SANGGAU MENGHADIRI REVIU DAK FISIK

Berpedoman pada Surat Direktur Sistem dan Prosedur Pendanaan Pembangunan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasioanl Nomor 12813/Dt.8.5/10/2019 Tanggal 3 Oktober 2019 Perihal Reviu Perencanaan dan Penganggaran DAK Fisik Tahun 2019 dan Arah Perencanaan DAK Fisik Tahun 2020 Melalui Sistem Informasi KRISNA. Surat Perintah Tugas Nomor 050/703/I-Bappeda Tanggal 7 Oktober 2019 dan Surat Perintah Perjalanan Dinas Nomor : 094/257/Set-Bappeda Tanggal 07 Oktober 2019. Atas dasar itulah Bappeda Kabupaten Sanggau mengirim delegasi mengikuti Reviu DAK Fisik Tahun 2019 dan Perencanaan DAK Fisik Tahun 2020.

Dalam rangka tukar pengalaman dan tukar pemahaman serta tukar informasi terhadap implementasi DAK menggunakan aplikasi KRISNA, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia melakukan reviu perencanaan dan penganggaran DAK Fisik Tahun 2019 dan arah perencanaan DAK Fisik Tahun 2020 melalui sistem informasi KRISNA. Kegiatan dilaksanakan pada hari kamis, 10 Oktober 2019 bertempat di The Margo Hotel, Depok Jl.Margonda Raya Nomor 358, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Depok.

Filosofi Dana Alokasi Khusus yang merupakan dana pusat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan unutk membantu mendanai kegiatah khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. Jenis DAK Fisik Tahun 2020 ada 3 (tiga) yaitu pertama, DAK Fisik Reguler, untuk mendukung pemenuhan sarana dan prasarana dasar, yang mendukung pelayanan publik. Kedua DAK Fisik Afirmasi, untuk mendukung pemerataan pelayanan dan mendorong percepatan pembangunan di daerah yang memiliki karakteristik tertentu seperti daerah tertinggal, terluar, perbatasan dan transmigrasi. Ketiga DAK Fisik Penugasan, untuk mendukung tema prioritas nasional, pembangunan daerah berciri kepulauan serta arahan Bapak Presiden.

                Peserta dari Bappeda Kab. Sanggau

 

Peserta kegiatan sangat antuasias mengikuti acara salah satu indikatornya karena begitu banyaknya peserta yang bertanya guna mendapatkan informasi yang valid. Rangkaian acara yang dilaksanakan terasa sangat bermanfaat dan membantu daerah dalam membuka cakrawala berpikir dan memperoleh informasi pada saat implementasi DAK Fisik. Acara ditutup dengan pembagian door prize untuk 20 (dua puluh) orang peserta.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply