BAPPEDA KAB. SANGGAU MELAKUKAN KONSULTASI PUBLIK RANWAL RKPD KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2021

Dalam rangka memperoleh informasi, saran dan masukan dari para pihak terkait formulasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2021, Bappeda Kabupaten Sanggau melakukan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2021. Tahapan konsultasi publik menjadi agenda penting ketika formulasi kebijakan karena melalui konsultasi publik para pihak dapat merumuskan rencana dan target kebijakan yang dapat diukur, dapat dilaksanakan dan tepat sasaran.

Selain dari pada itu konsultasi publik  juga diamanatkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 80 yang berbunyi “Rancangan Awal RKPD dibahas Bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan”. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa proses konsultasi publik Rancangan Awal RKPD merupakan sebuah tahapan yang harus dilakukan pada saat penyusunan formulasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah dalam rupa Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

Kegiatan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Kabupaten Sanggau, dibuka langsung oleh Ir. Kukuh Triyatmaka, MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, dalam arahannya beliau menyampaikan :“konsultasi publik merupakan langkah penting untuk memperoleh masukan dan saran dari para pihak dalam rangka penyempurnaan”.

Plt. Kepala Bappeda Kab. Sanggau Shopiar Juliansyah, SE, MM dalam kesempatan ini menyampaikan paparan ranwal RKPD Kabupaten Sanggau Tahun 2021, dengan menggambarkan ekonomi makro Kabupaten Sanggau. Tema pembangunan Kabupaten Sanggau Tahun 2021 “Peningkatan Pelayanan Publik pada Aspek Kesejahteraan Rakyat Melalui Pemerataan Ekonomi, Pertumbuhan PDRB dan Kesejahteraan Sosial Berlandaskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan“. Dan selanjutnya diskusi dengan pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Sanggau untuk pembangunan Tahun 2021.

Dengan demikian dapat dimaknai bahwa melalui proses konsultasi publik diperoleh masukan dan saran yang tepat dan komprehensif dari para pihak dalam rangka penyempurnaan dokumen Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau 2021 menjadi lebih prospektif, realistis, akuntabel dan transparan serta bermartabat menuju Sanggau Maju dan Terdepan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply