Analisis Kebutuhan Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Sanggau Tahun 2018

Dalam rangka kegiatan jaringan penelitian dan pengembangan sebagai salah satu fungsi dari Bappeda di urusan penelitian dan pengembangan selain perencanaan pembangunan, maka Bappeda melaksanakan seminar hasil penelitian kebijakan bidang pendidikan di Kabupaten Sanggau Tahun 2017. Adapun tema yang diangkat adalah Analisis Kebutuhan Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Sanggau Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 12 Desember 2017 dihadiri oleh narasumber dari Lembaga penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat, salah satu hasil paparannya mengatakan bahwa Jumlah data satuan pendidikan Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan seluruh jenis pendidikan, data yang sudah dihimpun dari LPMP diketahui bahwa untuk tingkat Kalimantan Barat posisi Kabupaten Sanggau berada pada urutan 3 (tiga) dengan jumlah 658, Tim Jarlit Kabupaten Sanggau Tahun 2017, para camat, kepala UPT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para guru beserta tamu undangan.

Latar belakang kegiatan jaringan penelitian dan pengembangan kali ini adalah untuk memotret ketersediaan guru dari sisi jumlah maupun kualitasnya/kompetensi yang merupakan kunci utama dalam berlangsungnya proses belajar mengajar dengan baik pada setiap lembaga satuan pendidikan. Selain daripada itu kebutuhan tenaga guru di Kabupaten Sanggau cenderung meningkat sehubungan dengan program perluasan pendidikan, guru yang pensiun dan moratorium penerimaan CPNS.

Sekretaris Bappeda Shopiar Juliansyah, SE.,MM mengatakan : “kegiatan ini salah satunya untuk melakukan analisis sehingga diperoleh rekomendasi untuk mengantisipasi kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Sanggau”. Seminar ini menjadi urgen karena turut serta menentukan wajah dunia pendidikan Kabupaten Sanggau ke depan dalam rangka mewujudkan “Sanggau Pintar”.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.