struktur_organisasi_bappeda

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau mempunyai kedudukan, tugas dan fungsi sesuai dengan Peraturan Bupati Sanggau Nomor 17 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2012  Bab III  sebagai berikut :

 

KEPALA BADAN

Sesuai pasal 4 Kepala Badan mempunyai tugas memimpin, membina dan menyelenggarakan kegiatan dibidang perencanaan pembangunan daerah berdasarkan kebijaksanaan Kepala Daerah dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sendiri mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang perencanaan pembangunan daerah.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis dibidang perencanaan pembangunan daerah.
  2. Pengkoordinasian dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan pembangunan daerah
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

SEKRETARIAT

Sekretariat adalah unsur staf yang langsung berada dibawah Kepala Badan. Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan perencanaan, ketatalaksanaan, kepegawaian, keuangan, hubungan masyarakat, protokol dan umum.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana yang dimaksud di atas, sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan dan program kerja pembangunan
  2. Penyelenggaraan pengendalian, evaluasi dan pelaporan
  3. Pembinaan organisasi dan tatalaksana
  4. Penyelenggaraan administrasi kepegawaian dan administrasi keuangan
  5. Penyelenggaraan urusan umum yang meliputi urusan rumah tangga dinas, sarana dan prasaran, perlengkapan, surat menyurat dan kearsipan, penggandaan, hubungan masyarakat, perjalanan dinas serta protokoler.
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas bidang-bidang
  7. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PENGENDALIAN

Bidang Penelitian, pengembangan dan pengendalian  mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bappeda di bidang penelitian, pengembangan dan pengendalian.

Untuk melaksanakan tugas tersebut Bidang Penelitian, pengembangan dan pengendalian  mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan tugas bidang penelitian, pengembangan dan pengendalian yang meliputi urusan penelitian, kerjasama perencanaan, pengembangan sumber daya manusia dibidang perencana dan peneliti, statistik dokumentasi, pendataan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan.
  2. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan bidang penelitian, pengembangan dan pengendalian yang meliputi urusan penelitian, kerjasama perencanaan, pengembangan sumber daya manusia dibidang perencana dan peneliti, statistik dokumentasi, pendataan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan.
  3. Penyelenggaraan kegiatan dan pelayanan umum dibidang penelitian, pengembangan dan pengendalian yang meliputi urusan penelitian, kerjasama perencanaan, pengembangan sumber daya manusia dibidang perencana dan peneliti, statistik dokumentasi, pendataan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan.
  4. Pengendalian kegiatan dibidang penelitian, pengembangan dan pengendalian yang meliputi urusan penelitian, kerjasama perencanaan, pengembangan sumber daya manusia dibidang perencana dan peneliti, statistik dokumentasi, pendataan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelaksanaan tugas dibidang penelitian, pengembangan dan pengendalian yang meliputi urusan penelitian, kerjasama perencanaan, pengembangan sumber daya manusia dibidang perencana dan peneliti, statistik dokumentasi, pendataan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan.
  6. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG EKONOMI

Bidang Ekonomi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Bidang ekonomi.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut Bidang Ekonomi mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan tugas di Bidang ekonomi yang meliputi urusan perencanaan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, penanaman modal, pelayanan perijinan serta pengembangan dunia usaha.
  2. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan di Bidang ekonomi yang meliputi urusan perencanaan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, penanaman modal, pelayanan perijinan serta pengembangan dunia usaha.
  3. Penyelenggaraan kegiatan dan pelayanan umum di Bidang ekonomi yang meliputi urusan perencanaan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, penanaman modal, pelayanan perijinan serta pengembangan dunia usaha.
  4. Pengendalian kegiatan di Bidang ekonomi yang meliputi urusan perencanaan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, penanaman modal, pelayanan perijinan serta pengembangan dunia usaha.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelaksanaan tugas di Bidang ekonomi yang meliputi urusan perencanaan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, penanaman modal, pelayanan perijinan serta pengembangan dunia usaha.
  6. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA

Bidang Sosial dan budaya mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Bidang Sosial dan Budaya.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Sosial dan Budaya mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan tugas di Bidang sosial dan budaya yang meliputi urusan perncanaan pendidikan, mental spiritual, kesehatan, pemerintahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, kearsipan, kependudukan dan catatan sipil, transmigrasi, pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan, KB dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olahraga serta komunikasi dan informatika.
  2. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan di Bidang sosial dan budaya yang meliputi urusan perncanaan pendidikan, mental spiritual, kesehatan, pemerintahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, kearsipan, kependudukan dan catatan sipil, transmigrasi, pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan, KB dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olahraga serta komunikasi dan informatika.
  3. Penyelenggaraan kegiatan dan pelayana umum di Bidang sosial dan budaya yang meliputi urusan perencanaan pendidikan, mental spiritual, kesehatan, pemerintahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, kearsipan, kependudukan dan catatan sipil, transmigrasi, pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan, KB dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olahraga serta komunikasi dan informatika.
  4. Pengendalian kegiatan di Bidang sosial dan budaya yang meliputi urusan perencanaan pendidikan, mental spiritual, kesehatan, pemerintahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, kearsipan, kependudukan dan catatan sipil, transmigrasi, pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan, KB dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olahraga serta komunikasi dan informatika.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelaksanaan tugas di Bidang sosial dan budaya yang meliputi urusan perncanaan pendidikan, mental spiritual, kesehatan, pemerintahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, kearsipan, kependudukan dan catatan sipil, transmigrasi, pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan, KB dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olahraga serta komunikasi dan informatika.
  6. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG FISIK DAN PRASARANA

Bidang Fisik dan Prasarana mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Bidang Fisik dan Prasarana.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Fisik dan Prasarana mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan tugas di Bidang fisik dan prasarana yang meliputi urusan perencanaan penataan ruang, pekerjaan umum, perumahan rakyat, perhubungan, lingkungan hidup, pertanahan, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral.
  2. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan di Bidang fisik dan prasarana yang meliputi urusan perencanaan penataan ruang, pekerjaan umum, perumahan rakyat, perhubungan, lingkungan hidup, pertanahan, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral.
  3. Penyelenggaraan kegiatan dan pelayanan umum di Bidang fisik dan prasarana yang meliputi urusan perencanaan penataan ruang, pekerjaan umum, perumahan rakyat, perhubungan, lingkungan hidup, pertanahan, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral.
  4. Pengendalian kegiatan di Bidang fisik dan prasarana yang meliputi urusan perencanaan penataan ruang, pekerjaan umum, perumahan rakyat, perhubungan, lingkungan hidup, pertanahan, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelaksanaan tugas di Bidang fisik dan prasarana yang meliputi urusan perencanaan penataan ruang, pekerjaan umum, perumahan rakyat, perhubungan, lingkungan hidup, pertanahan, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral.
  6. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis perencanaan pembangunan daerah di Bidang keahlian masing-masing. Pada saat ini untuk Jabatan Fungsional di Kabupaten Sanggau belum dibentuk